Tutorial Mengenal Fungsi Drop Shadow Pada Corel Draw

Mengenal Fungsi Drop Shadow pada Corel Draw. CorelDraw ialah satu-satunya program publishing terpopuler yang sanggup memenuhi semua kebutuhan kita dalam mendesain sesuatu baik itu untuk media promosi ataupun yang lainnya. Bagaimana tidak, coba saja kita bandingkan dengan kegiatan selain CorelDraw yang hanya sanggup melaksanakan beberapa langkah gampang saja, walau dalam kegiatan tersebut ada kemudahan dalam menciptakan suatu gambar, namun itu tidak seluas CorelDraw. Bahkan anak SD pun sudah mulai mempelajarinya, mungkin Sobat sendiri tau kegiatan apa saja yang saya maksud. 

Sekedar pengetahuan saja buat kita semua, baru-baru ini saya menyadari betapa dahsyatnya kegiatan CorelDraw. Mengapa demikian ? Berikut ini akan saya paparkan apa saja yang sanggup dilakukan oleh kegiatan CorelDraw tersebut, diantaranya ialah :
  • Mampu menghapus background photo hanya dengan beberapa langkah gampang saja, dengan catatan background tersebut tidak berwarna-warni.
  • Mampu merubah format default (cdr) ke format lainnya, ibarat : bmp, jpg, wmf dll. Untuk melakukannya cukup dengan di-export atau dengan menekan Ctrl E pada keyboard.
  • Mampu membaca lebih dari satu extention, diantaranya ialah : EPS, JPG, CMX, PDF dll. Untuk melakukannya tinggal memakai kemudahan import, atau dengan menekan Ctrl I pada keyboard.
  • Support dengan kegiatan yang lain, setahu saya ialah dengan kegiatan wilcom embroidery dari versi 7 ke atas, Wilcom Deco Studio (sebuah kegiatan embroidery computer keluaran Corel) lalu mesin laser yang dipakai untuk memotong aneka macam media ibarat imitasi, kulit, acrilic, yang terakhir ialah mesin cutting sticker.
  • Mampu menawarkan effect 3D layaknya kegiatan pengolah photo.
  • dan masih banyak lagi.  
Cukup banyak bukan ? Dan alasannya kelebihan itulah, saya berani bilang : "Tidak ada kegiatan yang sesempurna ini". Percaya atau tidak dalam 24 jam saya sanggup menghabiskan waktu bersama dengan kegiatan ini hingga 17 jam bahkan lebih ! sampai-sampai istri saya cemburu sama CorelDraw. Lucu bukan ?

Baiklah Sob ... kita kembali pada fungsi Toolbox CorelDraw, kali ini kita akan membahas Drop Shadow.  Adapun tool yang satu ini berfungsi untuk membuat effect bayangan pada suatu objek atau teks yang kita buat, yang kebanyakan effect ini dipakai untuk mendesain suatu media promosi. Baik itu berupa spanduk, brosur atau yang lainnya. Sebagai referensi perhatikan gambar berikut ini :


Mengenal Fungsi Drop Shadow pada Corel Draw Tutorial Mengenal Fungsi Drop Shadow pada Corel Draw

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Buatlah teks dengan memakai Text Tool atau dengan menekan F8 pada keyboard. Kemudian ketikkan : CONTOH, atau apapun itu terserah Sobat.
  2. Aktifkan sajian toolbox Drop Shadow
  3. Untuk hasil ibarat nomor 1, letakkan posisi cursor di tengah teks, lalu tarik ke samping bawah. Untuk hasil ibarat nomor 2, letakkan posisi cursor di bawah teks, lalu tarik ke tengah teks. Untuk hasil ibarat nomor 3, letakkan posisi cursor di tengah teks, lalu geser ke kanan. Selanjutnya, pada sajian Feathering Direction rubah posisinya menjadi outside. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut
Selamat mencoba, supaya bermanfaat ...

Baca juga : Cara duplikat objek dengan jarak tertentu

Subscribe to receive free email updates: