Tutorial Mengenal Interactive Envelope Tool Pada Coreldraw

Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw. Kaprikornus ingat waktu dulu ... waktu pertama kali saya belum mengenal CorelDraw, di suatu daerah saya pernah melihat desain brosur yang kebetulan terdapat goresan pena SAKSIKANLAH menyerupai gambar di bawah, dalam hati saya bergumam : "Ini kira-kira pakai effect apa ?" yang pada waktu itu saya masih mengenal kegiatan pengolah kata saja (Word Star dan Office 97), dan saya pun menarik kesimpulan, bahwa effect di atas memakai akomodasi Word Art.
Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw Tutorial Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw
Walau pada kenyataannya kasus di atas tidak pernah Sobat alami, disini akan saya uraikan bagaimana melaksanakan effect tersebut jikalau dilakukan dengan kegiatan CorelDraw. Dan benar-benar menakjubkan, ternyata effect yang dihasilkan jauh lebih variatif dibandingkan dengan memakai akomodasi Word Art yang dikeluarkan oleh kegiatan pengolah kata.

Kita mulai saja, Effect Envelope ini berfungsi untuk merubah bentuk objek atau teks dari bentuk baku ke bentuk yang kita inginkan. Sedangkan effect yang satu ini sering dipakai dalam pembuatan spanduk, brosur, banner, pamplet dll. Lantas bagaimana cara menciptakan effect menyerupai pola di atas ?

Lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Buatlah teks dengan cara menekan F8 pada keyboard,
  2. Klik pada area kerja yang kosong, ketikkan : SAKSIKANLAH !!! atau apa pun itu, terserah Sobat. 
  3. Kemudian klik Pick Tool, dilanjutkan dengan memilih jenis aksara yang cocok
  4. Setelah kita memilih jenis aksara Klik Tool Envelope, perhatikan gambar di bawah ini : 
Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw Tutorial Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw

Ikuti ke empat langkah di atas, jikalau sudah benar maka dengan sendirinya Sobat semua sudah tau "Apa fungsi Envelope yang terdapat pada Toolbox Corel Draw. Sedangkan untuk mengembalikan text/objek yang sudah diberi effect Envelope ini, klik hidangan Effect lalu klik Clear Envelope. Jika dalam hal pembuatan effect ini teman masih mengalami kesulitan, jangan mengalah teruslah berusaha. :)

Sekedar catatan saja, langkah tersebut di atas sanggup dilakukan pada semua versi CorelDraw. Dari mulai versi 7 hingga dengan versi keluaran sekarang.
Selamat mencoba, agar bermanfaat ... :)

Baca juga : Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw

Subscribe to receive free email updates: