Tutorial Mengenal Distortion Tool Pada Coreldraw

Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw. Saya akui untuk tool yang satu ini memang jarang digunakan, dan itu betul Sob ! Tapi walau begitu bukan berarti kita harus mengabaikan akan fungsinya. Dan sanggup dikatakan salah besar bila kita mengabaikannya, alasannya yaitu bagaimana pun ada kemungkinan bila suatu hari nanti kita akan butuh tool yang satu ini. Oke Sob kita eksklusif saja, adapun fungsi Distortion Tool yaitu untuk menghancurkan atau sanggup juga diartikan untuk mengenyampingkan suatu objek atau teks yang kita buat dari bentuk aslinya. Dan berikut ini saya lampirkan teladan & motifnya.

 Saya akui untuk tool yang satu ini memang jarang dipakai Tutorial Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw

Pada nomor 1 itu menggambarkan objek pertama yang Sobat buat, lalu pada nomor ke 2 itu menggambarkan proses Distrostion dan pada gambar ke 3 menggambarkan effect yang dihasilkan dari memakai Tool Distortion tersebut. Sebagaimana telah diuraikan di atas, bahwa penggunaan Tool Distortion ini sanggup dipakai bukan hanya pada objek saja, tapi pada teks juga sanggup dilakukan. Coba perhatikan Sob ... Pada gambar di atas (yang dilingkar merah) terdapat fungsi Push and Pull Distortion, itu berarti untuk menunjukkan effect dorong dan tarik, sedangkan pada pilihan disampingnya terdapat fungsi Zipper yang berarti Ritsleting (kayaknya lebih yummy kalau diartikan sebagai zig-zag, itu berdasarkan saya lho Sob) dan pada pilihan yang satunya lagi terdapat fungsi Twister yang berarti untuk menunjukkan effect angin puyuh. O iya Sob, untuk hasil dari memakai effek Push and Pull Distortion sudah saya lampirkan misalnya di atas, sedangkan untuk efek Zipper (zig-zag) kayaknya tidak perlu diperlihatkan bagaimana gambarannya alasannya yaitu saya yakin Sobat sendiri sudah tahu bagaimana bentuk Zig-zag dan cara melakukannya. Nah untuk effek yang dihasilkan dengan memakai Twister berikut saya lampirkan hasil dan langkah-langkahnya.

 Saya akui untuk tool yang satu ini memang jarang dipakai Tutorial Mengenal Distortion Tool pada CorelDraw

Coba sahabat perhatikan gambar di atas, pada nomor 1 yaitu objek orisinil yang Sobat buat, pada nomor 2 yaitu proses pembentukan effect Twister, adapun langkahnya ; letakkan kursor di tengah bulat dan agak menyamping ke sebelah kanan sebagaimana pada teladan gambar di atas, lalu tarik sambil di drag dengan putaran melawan arah jarum jam. Adapun putarannya lakukan sesuai kebutuhan sampai membentuk menyerupai gambar di atas (nomor 3). Dalam mempraktekkan bab ini, mungkin bentuk yang sahabat praktekkan dengan teladan di atas tidak akan sama dan itu yaitu sesuatu hal yang wajar. Namun paling tidak disini Sobat sudah tahu apa fungsi dari Distortion Tool ini.

Sedangkan untuk mempraktekkan dalam bentuk teks, silahkan Sobat buat teks tersebut dengan cara menekan Tool Text pada Toolbox atau dengan cara menekan F8 pada keyboard Sobat, lalu klik pada area Graphic yang kosong. Misalkan abjad A dengan motif abjad bebas, lalu praktekkan langkah ketiga di atas. Lihatlah perubahan yang terjadi, maka abjad A yang tadinya baku kini menjadi berubah bentuk menjadi tidak karuan.

Setelah dijelaskan fungsi dari Tool Distortion ini mungkin Sobat juga bertanya, lantas buat apaan ini Tool Distortion kalau sekedar untuk mengacak-acak bentuk aslinya ? Kayaknya disini saya tidak perlu menjelaskannya, alasannya yaitu saya yakin suatu ketika nanti Sobat sendiri akan membutuhkannya.

Selamat mencoba, supaya bermanfaat ...
Baca juga : Mengenal Fungsi Fountain Fill

Subscribe to receive free email updates: