Tutorial Cara Memodifikasi Aksara Di Coreldraw

Cara Memodifikasi Huruf di CorelDraw. Sebelum kita bahas postingan kali ini, mungkin ada baiknya jikalau Sobat semua mengetahui kronologisnya, bagaimana saya hingga dapat menciptakan postingan dengan judul "Cara Memodifikasi Huruf di CorelDraw ?" Begini Sob ... Beberapa hari ke belakang, ada salah satu konsumen yang ingin dibikinkan karakter yang katanya buat brand sandal. Lantas saya pun bertanya kepada beliau, "Kira-kira konsepnya ingin ibarat apa ?" sahutnya: "Yang terang saya ingin jenis hurufnya gak terlihat kaku, sederhana namun terkesan unik dan yang niscaya tidak ada satu orang pun yang memiliki jenis karakter ini. Pokoknya beda dari yang lain lah, dan lagi karakter tersebut harus terlihat cocok baik untuk disandal laki-laki maupun wanita". Mendengar undangan yang begitu banyak dari dia ibarat itu, saya pun sempat kaget dan galau "harus gimana neh ? sementara pekerjaan yang lain pun masih banyak yang belum beres !" Namun tak usang saya pun berfikir : "Ngapain juga mikir susah-susah mendesain huruf untuk brand itu ? mending modifikasi saja karakter yang ada. Dan kayaknya mantap nich jikalau masalah yang saya alami ini dijadikan sebagai materi posting pada blog saya",

Nah, atas dasar itulah saya menjadikannya sebagai judul postingan kali ini Sob. Hehehe... Kita eksklusif saja ke materi;
  1. Rubah satuan ukuran dari "INCHIES" menjadi "MILIMETERS"
  2. Tekan F8 pada keyboard sobat, maksudnya untuk mengaktifkan Text Tool
  3. Klik di area grafik yang kosong
  4. Setelah muncul kursor berkedip, ketikkan brand yang akan dibuat. Sebagai contoh, kali ini saya menyebabkan CETER sebagai brand yang akan dipakai untuk sandal.
  5. Tekan tombol Ctrl Q, kemudian buatlah objek sebagai materi aksesori kemudian perbanyak objek tersebut pada semua huruf. 
  6. Zoom pada tempat yang akan dimodif. Selanjutnya tekan F10 kemudian klik point (titik) yang tidak diperlukan, kemudian delete.
  7. Jika ternyata ingin menciptakan pada point (titik) pada garis tertentu, klik 2x pada garis yang akan dijadikan sebagai batas untuk delete.
  8. Setelah membuang semua titik yang tidak diperlukan, langkah selanjutnya ialah klik pick tool (tanda panah, pada sajian sebelah kiri) kemudian pilih semua objek yang ada, atau dengan menekan Ctrl A.
  9. Selanjutnya klik
  10. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan kemudian praktekkan satu persatu sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini :

 mungkin ada baiknya jikalau Sobat semua mengetahui kronologisnya Tutorial Cara Memodifikasi Huruf di CorelDraw
Kalau sudah begitu, berdasarkan saya akan banyak orang yang menyangka bahwa karakter tersebut ialah orisinil dan bukan hasil modifikasi. Berikut ini ialah rujukan lain dari hasil modifikasi karakter / font, adapun untuk tool yang digunakan, tidak lebih dengan teknik yang sudah disampaikan di atas.
 
Selamat mencoba, agar bermanfaat

Adapun untuk tips lain mengenai cara merubah Font dari bentuk baku ke bentuk lain dapat Sobat simak pada postingan ini : Mengenal Interactive Envelope Tool pada CorelDraw

Subscribe to receive free email updates: