Tutorial Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek

Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek | Sumpah, gres kali ini dalam pembuatan coreldraw tutorial saya mengalami sedikit persoalan dalam pembuatan judulnya :D Maklum posisi saya disini bukan mahir bahasa. Ya sudahlah .... Daripada resah ngomongin persoalan judul, ada baiknya Sobat semua simak saja postingan kali ini. 

Dalam mengerjakan sesuatu pada program CorelDraw, aneka macam perbedaan langkah demi langkah dalam pengerjaannya. Ada yang  fokus dulu pada gambar, sesudah itu gres memilih ukuran. Ada juga yang memilih dulu ukuran, sesudah itu proses gambar gres dikerjakan. Mungkin Sobat semua bertanya "Saya termasuk yang mana ?" bila dulu, saya fokus dulu pada memilih ukuran gres proses gambar dimulai. Namun tidak kali ini, mau yang mana kek dimulainya itu bukanlah masalah. Karena kini saya sudah kenal dengan namanya Scale With Image. Coba perhatikan gambar di bawah ini Sob : 

Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek Tutorial Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek

Jika Scale With Image-nya tidak diaktifkan, maka ketika ukuran gambar tersebut diperkecil ketebalan garis akan tetap menyerupai aslinya (tidak proporsional). Lantas bagaimanakan caranya mengaktifkan Scale With Image tersebut supaya ketebalan garis menjadi proporsional ?

Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek Tutorial Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek
  1. Pastikan Sobat semua sudah menyeleksi semua objek yang ada outline-nya.
  2. Tekan F12 dari keyboard Sobat
  3. Klik pada bab kotak kecil Scale with Image untuk memberi tanda centang
  4. Klik OK 
Coba praktekkan sendiri, lalu rubah ukuran gambar Sobat (baik diperkecil maupun diperbesar). Jika langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, maka dengan sendirinya setiap outline yang kita buat akan mengikuti ukuran objek aslinya atau bahasa kerennya proporsional. 

Sebagai materi perbandingan perihal diberi dan tidaknya dampak Scale With Image tersebut. Berikut ini saya lampirkan teladan buat Sobat semua

Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek Tutorial Cara Menyeimbangkan Tebal Garis Mengikuti Ukuran Objek

Demikian tutorial corel draw kali ini, Selamat mencoba, agar bermanfaat ... 
Bagi teman yang belum tau bagaimana cara menciptakan outline pada objek atau teks, silahkan klik link berikut ini : Cara Membuat Outline

Subscribe to receive free email updates: