Tutorial Leave Data On Clipboard For Other Applications

Leave data on clipboard for other applications | Apa yang harus dilakukan kalau kita bertemu dengan kotak obrolan pada CorelDraw yang bertuliskan Leave data on clipboard for other applications seperti yang terdapat pada gambar 1 dibawah ini ? Oke, sebelum kita bahas lebih jauh mungkin ada baiknya kalau kita cari tau dulu "Apa penyebab munculnya kotak obrolan tersebut ?" Jawabannya sederhana sekali, hal itu terjadi alasannya yakni kita sudah melaksanakan proses Copy suatu objek atau teks pada area graphic, baik dari data yang sudah ada ataupun dari data yang gres saja kita buat. Sedangkan cara menampilkan objek atau teks yang dicopy, cukup menekan Ctrl V (Paste), Oke Sobat ... Untuk lebih jelasnya silahkan simak klarifikasi di bawah ini.

Leave data on clipboard for other applications Tutorial Leave data on clipboard for other applications
 (Gambar 1) 
  • Silahkan buka program CorelDraw Sobat (versi berapa pun itu)
  • Buka data CorelDraw yang pernah dibentuk atau kalau belum punya data buatlah object atau teks, lalu copy (tekan Ctrl C). Kemudian Close lembar graphic tersebut (klik File - Close), namun bagi Sobat yang mengcopy object atau teks bukan dari data yang pernah dibuat, sebelum Kotak Dialog di atas muncul akan muncul konfirmasi apakah akan di save atau tidak objek/teks yang kita buat tadi. Jika akan disimpan klik YES, namun kalau tidak akan disimpan klik NO.  
Leave data on clipboard for other applications Tutorial Leave data on clipboard for other applications
(Gambar 2) 

(Sebagai contoh, kali ini saya klik NO). Setelah kita klik NO, maka akan muncul Kotak Dialog ibarat gambar 1 di atas. Coba tetap fokus pada Gambar 1 di atas, kalau kita klik Yes maka data yang kita copy tadi akan tersimpan di Clipboard. Artinya pada ketika kita menciptakan graphic gres kita sanggup pribadi melaksanakan Paste pada graphic gres tersebut tanpa harus melaksanakan proses SAVE (Paste yakni sebuah perintah untuk menampilkan suatu objek atau teks yang kita Copy), sedangkan kalau kita klik NO, maka object atau teks yang kita Copy tadi tidak akan sanggup di Paste di Graphic Baru, alasannya yakni apa yang kita Copy tidak tersimpan dalam memory Clipboard. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini :

Leave data on clipboard for other applications Tutorial Leave data on clipboard for other applications
(Gambar 3)

Pada gambar di atas, kalau kita klik Yes, maka Icon Paste akan aktif (dapat di-klik) itu berarti proses Paste sanggup dilakukan pada semua aktivitas yang dikehendaki. Namun kalau kita klik No, maka Icon Paste tidak sanggup dilakukan (karena Icon tersebut tidak aktif).
Demikian tutorial corel draw kali ini, Selamat mencoba, agar bermanfaat ...

Baca juga Cara Menyimpan File pada CorelDraw


https://tutorialkomputerind.blogspot.com/

Subscribe to receive free email updates: