Tutorial Jenis Jenis Preset Lightroom & Cara Menggunakan-Nya

Pada sebelumnya aku sudah menulis artikel ihwal apa itu pengertian dari preset lightroom.

Pada sebelumnya aku sudah menulis artikel ihwal apa itu  Tutorial Jenis Jenis Preset Lightroom & Cara Menggunakan-nya

Nah kali ini aku akan menjelaskan secara rinci ihwal Jenis Jenis Preset Lightroom & Bagaimana Cara Menggunakannya.

Preset lightroom yaitu hasil settingan dalam aplikasi lightroom yang dapat kita timpa ke foto yang berbeda dengan tujuan mendapat hasil yang sama dengan sebelumnya.

Namun perlu kalian ketahui, preset itu tidak semua dapat di gunakan di hp kita, tergantung dari jenis preset dan tipe hp.

Mungkin kalian bertanya, apakah preset yang kita buat di hp dapat di gunakan pc ? Jawabannya tentu saja bisa, tapi tergantung dari adobe type lightroom & jenis preset-nya.

Jenis Jenis Preset Adobe Lightroom

Preset adobe lightroom itu ada 2 yaitu,
  • Preset XMP
  • Peset DNG
Nah mungkin kalian sering mendengar kata "xmp & dng" ini namun kalian tidak mengerti apa itu preset & bagaimana cara menggunaka-nya.

  • Preset XMP
Preset XMP adalah file hasil editan kita di lightroom mobile kemudian kita menjadikannya sebuah preset yaitu xmp. Preset xmp ini hanya dapat di buat melalui adobe lightroom mobile. Preset xmp dapat kita gunakan untuk android & pc saja, sedangkan untuk ios / iphone belum di gunakan. Nah aku tuga tida mengerti kenapa alasanya yang xmp ini tidak dapat dipakai untuk ios.

  • Preset DNG
Preset DNG adalah file hasil editan kita di ligthrtoom pc & kita menjadikannya sebuah preset yaitu dng. Preset dng ini hanya dapat kita buat melalui software lightroom di pc. Preset dng dapat kita gunakan untuk semua nya, maksudnya disini dapat kita gunakan untuk android, ios pc.

Kaprikornus berdasarkan kalian bagaimana ? Bagusan preset xmp atau preset dng ? Semua mempunyai kelebihan & kekurangan tersendiri. Preset xmp hanya dapat dipakai untuk android & pc, sedangkan preset dng dapat kita gunakan untuk android, ios & pc

Bagusan Mana Preset, DNG atau XMP ?

Preset XMP selain kita hanya dapat gunakan di android, kita juga dapat menggunakannya di pc, namun tidak dapat untuk ios. Namun yang perlu kalian ketahui preset xmp lebih kecil ukurannya di banding preset dng. Preset xmp ukurannya hanya hitungan kb, sedangkan preset  preset dng itu dapat capai 30 mb untuk 1 file preset.

Tapi semuanya punya kelebihan & kekurangan masing masing ya & untuk cara menggunakannya pun berbeda beda.

BACA JUGA
Preset itu tergantung dari formatnya, di namakan preset xmp, formatnya xmp, begitu juga sebaliknya. Untuk misalnya dapat kalian lihat di gambar bawah ini.

Pada sebelumnya aku sudah menulis artikel ihwal apa itu  Tutorial Jenis Jenis Preset Lightroom & Cara Menggunakan-nya
Preset XMP
Kalian dapat perhatikan gambar di atas, formatnya xmp & ukurannya lebih kecil, sedangkan preset dng dapat kalian perhatikan di bawah ini,

Pada sebelumnya aku sudah menulis artikel ihwal apa itu  Tutorial Jenis Jenis Preset Lightroom & Cara Menggunakan-nya
Preset DNG
Nah kalian dapat perhatikan, preset dng lebih besar ukurannya di banding xmp, namun ini belum seberapa, ada lagi yang lebih besar, namun tergantung dari foto yang di gunakan untuk menciptakan preset.

ARTIKEL TERKAIT
Mungkin itu saja klarifikasi dari aku agar bermanfaat untuk kalian semua, agar gampang di pahami, untuk tutorial yang selanjutnya silahkan baca artikel terkait di atas ya.

Penelusuran Terkait : Jenis jenis preset lightroom, cara menciptakan preset lightroom, cara memakai preset lightroom.

Subscribe to receive free email updates: