Tutorial Apa Itu Preset Lightroom ? Berikut Yakni Penjelasannya

Untuk pemula yang memakai aplikasi lightroom niscaya kadang merasa resah mendengar kata preset.

 Untuk pemula yang memakai aplikasi lightroom niscaya kadang merasa resah mendengar ka Tutorial Apa Itu Preset Lightroom ? Berikut Adalah Penjelasannya

Ya mungkin alasannya ialah gres memakai aplikasi lightroom jadi kurang paham dengan apa yang namanya preset. Kalian mungkin para pemula sering mendengar atau membaca di grup fb atau kolom komentar youtube "bagi preset nya dong", "minta link presetnya dong bang".

Banyak juga yang memeprjual belikan presset dengan harga mahal, niscaya kalian berpikir, apa sih itu preset ? kenapa pada minta preset ? Baiklah kita pribadi masuk ke topik pembahasan nya.

Pengertian Preset Lightroom

Preset lightroom itu ialah hasil settingan di aplikasi lightroom yang kita jadikan sebuah file & file tersebut dapat di pakai kembali dengan hasil editan yang sama.

Makara gini, aku jelaskan secara rinci ya,

Kita edit foto di aplikasi lightroom, nah ketika kita mengedit pastinya kita menyeting menyerupai bab cahaya, color, effect dll, nah hasil settingan yang kita buat tadi itu dapat kita simpan & di jadikan satu file semoga kita dapat memakai kembali di lain waktu untuk foto yang berbeda.

Nah, file preset yang sudah jadi ini dapat kita share atau membagikan ke orang lain kemudian orang tersebut memakai preset yang kita berikan tadi, maka hasil foto yang beliau edit sama menyerupai hasil yang kita buat tadi. Sampe sini paham kan ?

Jadi point pentingnya adalah, preset itu file hasil settingan editan di lightroom yang dapat kita gunakan di lain waktu dengan hasil settingan yang sama. Makara kita tidak perlu capek lagi untuk mengedit foto berulang ulang dengan hasil yang sebelumnya.
Perlu kalian ketahui, preset itu bukan cuma untuk lightroom namun banyak juga aplikasi atau software yang memakai preset. Tapi tentunya presetnya harus di pakai sesuai aplikasi yang di edit.

Seperti teladan ialah aplikasi photoshop, aplikasi ini juga dapat memakai preset namun presetnya hanya dapat dipakai untuk aplikasi photohshop saja, begitu juga dengan preset lightroom, hanya dapat di gunakan dengan aplikasi lightroom itu sendiri. 

Karena setiap preset yang di buat dari aplikasi tertentu itu formatnya berbeda beda. Tidak mungkin kalian dapat memakai preset lightroom untuk aplikasi photoshop, alasannya ialah format nya berbeda, kecuali kalian harus convert dulu presetnya ke format preset photoshop. Nah kalo pembahasan yang ini di next postingan ya, alasannya ialah kini kalian perlu tahu dulu ihwal apa itu preset.

Banyak sekali di luar sana yang memperjual belikan preset lightroom, mungkin kalian bertanya, mengapa di jual ?

Ya balasan nya alasannya ialah mungkin mereka merahasiakan hasil editanya ke public, jadi orang yang merasa ingin tau & ingin mencoba presetnya, niscaya mereka membeli preset tersebut.

Tapi bila kalian ingin preset yang gratis, silahkan download saja di channel youtube aku Channel. Disana kalian dapat mencar ilmu mengedit dari pemula hingga ahli memakai aplikasi lightroom & klarifikasi ihwal bagaimana cara memakai aplikasi lighroom & preset nya.

Okey, mungkin itu saja ya klarifikasi kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Subscribe to receive free email updates: