Tutorial Cara Duplikat Objek Dengan Jarak Tertentu

Copy Gambar | Judul postingan kali ini sengaja saya buat, alasannya ialah ada pertanyaan dari teman saya. "Sob bagaimana ya caranya duplikat objek dengan jarak tertentu ?" Dan mungkin saja pertanyaan semacam ini akan muncul pada Sobat lain yang belum tau, bagaimana caranya melaksanakan hal tersebut di atas. Baiklah ... Mari kita bahas bersama.
 Judul postingan kali ini sengaja saya buat Tutorial Cara Duplikat Objek dengan Jarak Tertentu
Setelah kegiatan CorelDraw terbuka, langkah pertama yang harus dilakukan ialah memilih satuan ukuran, kali ini saya memakai Milimeter. copy gambar
 Judul postingan kali ini sengaja saya buat Tutorial Cara Duplikat Objek dengan Jarak Tertentu
Selanjutnya pilihlah objek yang akan di duplikat, sebagai pola saya memakai objek kotak. Sedangkan cara menciptakan kotak ialah klik Rectangle Tool / dengan menekan F6 pada keyboard, lalu drag pada area kerja.
Langkah berikutnya, buatlah kotak dengan ukuran bebas, sesudah itu rubahlah ukuran kotak tersebut menjadi 40x40 mm, perhatikan lingkar warna merah berikut ini lalu tekan Enter.
 Judul postingan kali ini sengaja saya buat Tutorial Cara Duplikat Objek dengan Jarak Tertentu
Selanjutnya tekanlah Alt + F7 pada keyboard (tombol Alt ditahan / jangan dilepas selama F7 belum tertekan). Bila langkah ini sudah benar, maka akan muncul hidangan Transformation di sebelah kanan sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.
 Judul postingan kali ini sengaja saya buat Tutorial Cara Duplikat Objek dengan Jarak Tertentu
Langkah berikutnya klik-lah objek yang kita buat tadi, lalu pada hidangan transformation bab "H" (Horizontal) isikan dengan angka 42 mm (Mengapa diisi dengan angka 42 mm ? Karena, angka yang 40 ialah ukuran objek, dan yang 2 mm ialah jarak antar objek yang kita inginkan), selanjutnya klik Apply To Duplicate. Dan .... Lihatlah perubahan yang terjadi pada layar monitor, jumlah objek menjelma dua dengan jarak antar objek 2 mm. Makara rumusnya : copy gambar
"Berapapun ukuran objek yang kita buat,
tambahkan dengan angka jarak yang diinginkan"
Dari klarifikasi di atas, mungkin akan muncul lagi pertanyaan : "Bagaimana kalau objek tersebut ingin di duplikat tapi tanpa jarak, alias merapat ? Jawabannya : "Isikan angka tersebut sesuai dengan ukuran objek yang kita buat, lalu klik Apply To Duplicate" atau cukup dengan beri tanda centang (checklist) pada bab kanan, kalau objek tersebut ingin di duplikat ke sebelah kanan, begitu juga dengan lainnya, beri tanda centang (checklist) pada bab atas, kalau objek tersebut ingin diduplikat ke bab atas (lihat bulat merah pada gambar di bawah ini) lalu klik Apply To Duplicate. copy gambar
 Judul postingan kali ini sengaja saya buat Tutorial Cara Duplikat Objek dengan Jarak Tertentu
Oke Sob ...  Mungkin cukup sekian klarifikasi dari saya, Semoga membantu

Simak juga : Interactive Fill

Subscribe to receive free email updates: