Tips Macam-Macam Dan Fungsi Konektor Power Supply Komputer

Power Supply Komputer merupakan komponen yang sangat penting pada komputer yang berfungsi untuk memperlihatkan daya pada perangkat komputer yang membutuhkan tegangan. Pada kesempatan kali ini aku akan mengembangkan perihal jenis dan macam-macam konektor pada power supply komputer.

Berikut adalam jenis-jenis konektor pada power supply dan fungsinya:

1. Konektor 20/24 Pin ATX motherboard
Konektor 20/24 Pin ATX berfungsi untuk memperlihatkan daya pada motherboard. Konektor ini biasanya terdiri dari 2 buah konektor adalah 20 pin dan 4 pin yang lalu dijadikan 1 membentuk konektor 24 pin. konektor 20 pin dipakai untuk motherboard jenis usang sedangkan untuk konektor 24 pin biasanya dipakai untuk jenis motherboard model baru.

2. Konektor 4 pin 12V
Konektor 4/8 pin 12V berfungsi untuk memperlihatkan tegangan untuk prosessor. Konektor ini dipakai mulai jenis komputer pentium IV keatas hingga sekarang.

3. Konektor 6 pin PCIe
Konektor jenis ini dipakai untuk memperlihatkan daya suplemen pada perangkat VGA card atau kartu grafis yang berjenis PCIe alasannya VGA Card jenis PCIe membutuhkan daya yang lebih dibandingkan dengan VGA jenis lainnya.


4. Konektor 4 pin peripheral
konektor 4 pin peripheral berfungsi untuk memperlihatkan daya pada peralatan atau komponen komputer ibarat harddis, CR Room, kipas pendingin dan lain-lain.

5. Konektor Floppy
Konektor jenis ini berfungsi untuk memperlihatkan daya dan tegangan pada komponen floppy disk.

6. Konektor SATA
Konektor jenis ini berfunsgi untuk memperlihatkan daya kepada komponen komputer yang mempunyai port SATA ibarat CD Room, Harddisk dan komponen lainnya.

Itulah macam-macam dan jenis konektor pada power supply dan fungsinya biar dapat membantu ....

Subscribe to receive free email updates: